Jumat, 15 Juli 2016

Perbedaan Domain dan Hosting

Website atau situs web merupakan suatu halaman yang berada di jaringan internet.
Dalam membuat sebuah website ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu domain dan hosting. Beberapa situs menyediakan template blog atau web yang langsung bisa dikustomisasi dan memudahkan kita. Namun untuk membuat sebuah web, terkadang kita harus membayar untuk mendapatkan domain dan hosting. Nah, apa itu domain hosting dan lainnya? Dulu saya bingung sekali memahami arti dari keduanya, sekarang pengertiannya bisa sebagai berikut :

Domain : merupakan nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah server web.
Setiap situs di internet mempunyai sebuah alamat yaitu IP atau IP address, untuk mempermudah akses dibuatlah sebuah domain atau yang sering kita lihat di internet adalah URL yang ada di address bar. Kita bisa mendapatkan domain gratis dari beberapa hosting gratis atau situs yang menyediakan blog. Seperti wordpress.com, blogspot.com, atau tumblr.com. Situs-situs tersebut menyediakan layanan bagi pengguna untuk memiliki halaman sendiri seperti blog. Seperti blog saya ini novianatkj2.blogspot.com, oppspace.wordpress.com, dan lain-lainnya. Nama-nama blog tersebut merupakan subdomain dari domain utama situs blogspot atau wordpress. Jika kita menginginkan sebuah domain sendiri, misal oppie.com maka kita harus membeli domain pada penyedia jasa domain atau langsung ke hosting-hosting yang banyak tersedia di internet. Harga setiap domain berbeda-beda tergantung nama dan panjang nama domainnya. 
Domain memiliki dua sampai tiga elemen, contohnya novianatkj2.blogspot.com
novianatkj2 = subdomain
blogspot = nama domain
com = domain

Jika domain adalah sebuah alamat untuk mengidentifikasi situs kita, maka kita memerlukan sebuah ruangan untuk  menyimpan segala hal yang berkaitan dengan website. Diibaratkan jika ingin membangun sebuah rumah tentunya kita harus memiliki tanah. Nah, di internet selain memiliki domain kita juga harus memiliki hosting.
Hosting adalah layanan internet yang mencakup tempat penyimpanan data, untuk menjalankan situs yang berada di server tertentu yang bisa diakses melalui jaringan internet.  
Hosting di internet adalah sebuah tempat penyimpanan data, pengaturan sekaligus menjalankan semua fungsi yang berguna untuk operasional suatu website. Sebuah hosting biasanya memiliki CPanel atau tempat kita bisa melakukan pengaturan untuk website, pengaturan database dan penyimpanan data-data atau halaman web yang ditampilkan di internet.
Gambar di atas adalah tampilan cpanel yang dimiliki oleh 000webhost.com, yaitu situs yang menyediakan domain dan hosting gratis. Jika dilihat maka ada beberapa pengaturan yang bisa kita lakukan pada situs seperti alamat email, database, ftp, file manager untuk mengupload halaman web, tracking dan lain-lain termasuk phpmyadmin. Sama saja jika kita membuat sebuah project dengan webserver lokal seperti xampp hanya bisa diakses secara lokal, namun jika hosting maka semuanya dilakukan secara online dengan adanya koneksi internet.

Itulah beberapa pengertian dan perbedaan antara domain dan hosting. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar