Senin, 18 Juli 2016

Kebiasaan makan orang Indonesia yang aneh di mata orang asing

Jalan-jalan di youtube, pertama saya melihat sebuah video tentang kebiasaan aneh orang Indonesia di mata orang bule. Hehehe, memang ada beberapa hal yang aneh dan unik cuma ada di Indonesia dan ya memang menurut orang asing mungkin agak aneh.
Hal-hal tersebut memang saya temui langsung pada saat bertemu dengan orang bule. Teringat dengan Gohary, David dan  Halla, bule asal Mesir, Amerika dan Islandia. 
Pertama, soal makan. Ternyata orang bule ngga suka makan yang pedes-pedes. Soalnya sewaktu menu makan pakai sambal, mereka bener-bener kepedesan, padahal menurut orang Indonesia saja ngga pedes. Tapi ya, memang beda lidah sih, terus mereka lebih suka yang manis-manis. Terkadang kalo bikin teh atau kopi, ngasih gulanya banyak banget. Entah karena selera mereka yang suka manis-manis atau gimana. Memang soal lidah beda orang beda rasa kali ya.
Selain rasa makanan, cara makan. Orang Indonesia biasanya makan pake tangan buat beberapa menu sih, nah pas ada beberapa orang Indonesia makan pake tangan, para bule ini terheran-heran sampe penasaran, emang bisa makan pake tangan? Uhuhu :D Lebih sedep bro, akhirnya mereka pun nyobain makan pake tangan, si David dan Gohari yang bule Amerika dan Mesir itu makan pake tangan dengan jumputan emmm bukan jumputan sih bisa dikatakan genggaman, haha. Lucu kalo lihat bule bertingkah aneh gitu, sampai ada salah satu teman saya yang ngajarin. Akhirnya mereka makan pake tangan sampe habis, yeeehehe. Duh, abang-abang bule ini. Akhirnya bisa makan pake tangan, haha.
Lalu, soal minum. Cuma ada di indonesia : minuman dibungkus plastik. Khayal banget, ngelihat ekspresi Halla waktu pertama kali nyobain es teh di dalem kantong plastik. Wahhaha, ngebayanginnya se ekspresif heran-amazing sama apa yang dia minum. Setelah habis satu kantong plastik es teh, eh dia ketagihan pengen minum susu. Heeehe, ibu-ibu penjualnya sampai keheranan. Apa yang diherankan? Dia minta dibuatin susu di kantong yang sama! Aduh Halla, amazing sih amazing ya tapi kenapa ga mau diganti plastiknya?? Dan belakangan saya menyadari, orang barat selain itu ya ramah lingkungan juga, dari pada nambahin sampah plastik kan mending dipake lagi ya? hahaha,,,
It's been a year, almost. We became the world Heritage Volunteer dari Dejavato. Sebuah kegiatan sosial yang saat itu kita lakukan di Klaten Jawa Tengah, deket Prambanan. Pelestarian cagar budaya, yang diikuti sama mahasiswa Indonesia dan beberapa bule. Darisana berawal persahabatan berbagai negara. Dari Indonesia terpilih sepuluh mahasiswa dari Universitas ternama dan tidak terlalu terdengar namanya seperti saya hehe. Mulai dari UI, Unnes, Undip, some japanese university, Universitas di kota asal saya sendiri UNISNU dan hanya saya yang berhasi mewakili Universitas Semarang.
Percaya ga percaya saya bisa sampai disana, tapi pengalaman selama seminggu itu adalah hal yang paling ngga bisa dilupakan, Bersama orang-orang baru yang totally new, berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Mungkin selanjutnya saya bisa share pengalaman yang lain melalui Seri #whvdejavato.
 Sekian dulu untuk kali ini, karena isinya sudah terlalu melenceng dari judul, hehe. Thank you for reading!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar