Selasa, 12 Juli 2016

Tips Membeli HP Baru

Sekian lama menjadi it people, yang sering dimintain tolong ini itu sama masyarakat. Ternyata beberapa kali saya menjumpai sebuah kasus dimana kebingungan terjadi ketika membeli handphone. Banyak teman-teman atau tetangga yang meminta bantuan atau saran sebelum membeli handphone. Nah, berikut ini ada hal yang perlu diperhatikan ketika kita ingin membeli handphone, periksa dulu kawan ...

1. BUDGET
Masalah budget menjadi hal yang penting dalam pembelian sebuah handphone, kalau ngga ada budget alias uang, yaah mana bisa beli handphone? Nah, kalo ada budget tapi mepet? Pertama, tentukan priorotas kebutuhan anda dulu. Apakah sangat penting sekali untuk membeli sebuah hp baru, atau masih ada hp yang masih bisa dipakai? Silahkan dipertimbangkan terlebih dahulu.
Pokoknya masalah uang itu adalah nomor satu, apalagi kita akan melakukan transaksi pembelian. Usahakan budget yang tersedia sudah sesuai dengan harga gadget yang diinginkan. Jangan sampai, selesai dapat hape baru malah keberatan beli pulsa, kuota, atau listrik yang melonjak naik dan terpaksa jual lagi deh hapenya buat bayar semuanya, heheeee.

2. KEPERLUAN
Nah, hal yang patut diperhatikan ketika ingin membeli sebuah gadget : untuk apa gadget itu digunakan? Saya membeli gadget atau hp baru biasanya hanya jika gadget lama sudah rusak dan tidak bisa dipakai lagi. Ada pula orang yang membeli gadget untuk meng-upgrade dari yang lama, bahkan kolektor. Jadi gadget saat ini bisa digolongkan sebagai kebutuhan primer, sekunder dan tersier dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.
Hal yang lain, apabila kita membutuhkan gadget untuk melakukan transaksi usaha, sebagai sarana komunikasi organisasi. Terkadang hp yang baru kita beli hanya menjadi pengganti hp lawas saja, akhirnya yang lama harus dimuseumkan, padahal masih bisa digunakan. Bahkan terkadang hape yang baru ita beli malah menganggur. Pada kesempatan seperti demikian alangkah lebih baik apabila kita bisa memberikan ata mensedekahkan hp tersebut pada yang lebih membutuhkan.
Selain prioritas kebutuhan di atas, keperluan akan sebuah gadeget harus disesuaikan dengan spesifikasinya. Misal jika kita hanya memerlukan untuk telepon atau sms saja, lebih baik menggunakan handphone yang biasa yang hanya digunakan untuk telepon dan sms. Berbeda jika kita berada di layer i-people dimana kebutuhan akan internet dan media sosial sangat penting, kita harus memiliki gadget android, windows phone, atau i-phone yang memiliki spesifikasi yang lebih tinggi diantaranya untuk browsing, gps, remote, bluetooth dan lain lainnya. Masalah spesifikasi akan saya bahas lebih lanjut di hal ke-3

3. SPESIFIKASI
Banyak orang yang membeli hape mempertimbangkan spesifikasi melalui merk, kamera, atau memori di dalamnya. Tapi menurut saya beberapa hal ini menjadi hal mendasar dalam membeli hape terutama andoid :
  • Model : dalam membeli sebuah handphone biasanya pertama saya mempertimbangkan modelnya, jika menarik maka lanjut ke lainnya 
  • RAM : Usahakan membeli handphone yang memiliki memori internal atau RAM yang cukup besar karna pada prakteknya jika kita banyak menginstal aplikasi maka membutuhkan banyak memori atau RAM, jika tidak kita maka hanya beberapa aplikasi saja yang bisa diinstal dan seringnya hp bisa menjadi lelet atau lambat. Kecuali jika kita bisa melakukan rooting dan beberapa kustomisasi, hehe
  • Layar : karna layar sangat penting pada smartphone, yaitu tempat keluarnya output sekaligus input keboard misalnya. Jika menurut saya, handphone yang agak lebar dan tipis adalah pilihan yang bagus, tetapi tidak terlalu tipis karena terkadang jika menyimpan akan terselip. Jadi untuk mengakali kita bisa membelikan dompet hp atau leather case yang bisa sedikit memberikan beban jadi tetap bisa merasakan keberadaan handphone. Selain itu layar yang lebar bisa lebih nyaman untuk  menonton film, video, gambar atau memasukkan huruf/karakter melalui keypad touchscreen.
  • Kamera : mejadi pertimbangan yang cukup penting jika kita ingin mendapatkan image yang berkualitas melalui hp. Jika dilihat dari hasil foto, sejauh yang saya temui kamera yang dapat memberikan hasil yang jernih dan bagus adalah kamera dari hp sam**** asal korea. Yah, kameranya cukup jernih dan memiliki resolusi yang baik. Gambarnya tidak akan terlalu terpecah ketika diperbesar. Berbeda dengan kamera hp buatan ci** yang biasanya dilihat sekilas bagus tetapi jika diperbesar akan menjadi pecah. Namun hasil jepretan kamera hp juga bergantung pada pencahayaan dan efek serta teknik foto yang digunakan.
  • Konektivitas : konektivitas menjadi hal yang penting ketika kita harus membagikan konten/share misalnya media sosial, lalu ke berbagai device. Saya mensyaratkan setidaknya sebuah hp memiliki port usb, wifi, dan bluetooth. Selain itu diperlukan juga hp yang memiliki koneksi cepat karena sekarang era 4G LTE. 
Oke, that's it beberapa tips yang bisa digunakan sebelum membeli hape. Mungkin terlampau panjang ya, lain kali saya akan share lagi. Terima kasih sudah menyimak.
CMIIW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar