Senin, 25 Juli 2016

Fenomena Pokemon Go


Seperti yang kita ketahui, saat ini siapa yang tidak mengenal pokemon go?
Pokemon Go adalah sebuah game android yang menuntut pemain untuk mengumpulkan koleksi pokemon dengan mencari di berbagai tempat di sekitarnya. Selain mengumpulkan pokemon, pemain juga bisa melakukan pertandingan antar gamers yang sedang berada di gym, atau arena permainan tertentu.
Dengan adanya pokemon Go, kartun pokemon seakan menjadi bagian dari kehidupan dan menjadi kenyataan. Sebagaimana kisah dalam kartun pokemon yang begitu legendaris, kini tokoh dalam kartun animasi pokemon bisa diperankan oleh para gamer. Pokemon seolah menjadi nyaata dengan adanya permainan digital ini.
Namun, siapa sangka? Pokemon Go yang saat ini bisa kita nikmati, merupakan hasil kerja keras dari seorang John Hanke selama 20 tahun! Wow. 
Permainan ini berawal dari permainan MMOG (Massively Multilayer Online Game) yang disebut Meridian 59, permainan ini telah dibuat oleh John pada tahun 1996 saat masih berstatus mahasiswa. Permainan tersebut akhirnya dijual kepada pihak lain dan John mencoba untuk mewujudkan mimpinya untuk memetakan dunia.
Pada tahun 2000 John meluncurkan keyhole, yaitu sebuah layanan yang menghubungkan peta dengan fotografi udara. Dari situlah pada tahun 2004 Google mulai melirik John dan merekrutnya dalam pengembangan Google Maps dan Google Street View.
Selama 6 tahun hingga 2010, John mengumpulkan orang-orang yang kelak menciptakan Pokemon Go dan meluncurkan sebuah Startup yaitu Niatic Labs yang kemudian membuat game bernama Ingress. Pada tahun 2014 secara tidak sengaja Pokemon challenge yang diluncurkan sebagai lelucon April mop menjadi viral dan Pokemon Challenge ini dikembangkan dari game Ingress. 
Akhirnya tahun 2016, setelah berhasil mengumpulkan saham dari beberapa perusahaan game besar seperti nintendo, google, dan pokemon company untuk membuat pokemon Go dan menghasilkan keuntungan hingga 2 juta dollar per hari! 
Dalam beberapa bulan pertama saja, pokemon Go telah diunduh sebanyak 30 juta kali. Melebihi jumlah pengguna aktif twitter, facebook, instagram, bahkan snapchat dalam sehari. Di Indonesia saja, yang belum memiliki rilis resmi pokemon Go sudah terdapat banyak pemakaian game ini, hihi. Memang banyak cerita positif dan negatif yang muncul karena adanya game Pokemon Go. Namun selama kita memakai dengan tujuan dan cara positif, semuanya nggak akan masalah kan? 
Mari menggunakan teknologi dengan cara yang bijak :)

1 komentar: