Rabu, 20 Juli 2011

Sinopsis The Blue Nowhere (Dunia Maya) -Jeffrey Deaver-

 Saat asyik mencari buku untuk diinjam di perpustakaan, saya menjumpai sebuah novel yang bentuknya sudah sangat jelek dan lecek. Berada terhimpit antara ratusan buku yang berada di rak buku fiksi. Namun yang membuat saya tertarik adalah judulnya, the blue nowhere atau dunia maya...

Novel the blue nowhere ini merupakan tulisan dari Jeffery Deaver. Termasuk dalam jenis novel techno thriller. Bercerita tentang kasus pembunuhan yang dilakukan oleh seorang social engineer yang hampir bisa dikatakan gila karena tidak mampu membedakan kehidupan nyata dan game computer.
Dalam menangani kasus ini, kepala bagian CCU (Computer Crime Units) atau Unit Kejahatan Komputer meminta bantuan seorang hacker, Wyatt Gillette yang sedang dihukum di dalam penjara karena kegiatan hackingnya. Selain itu, dibantu juga dua orang detektif biasa dan mendatangkan seseorang bagian dari teknisi sebuah perusahaan komputer.
Setelah menemukan beberapa petunjuk dari saksi dan pembunuhan sebelumnya, mereka menemukan bahwa sang pelaku mengacu pada tanggal hari-hari penting dalam bidang komputer pada saat membunuh korbannya. Seperti tanggal penciptaan mesin ibm, tanggal publikasi suatu computer baru atau hal-hal yang berhubungan dengan sejarah computer.
Saat tengah menyelidiki kasus tersebut di sebuah tempat, kepala bagian CCU yang memimpin kasus ini meninggal karena bertemu pelaku dan dibunuh di tempat saat itu juga. Pembunuh itu selalu membunuh korbannya dengan menusuk bagian jantungnya.
Dengan terbunuhnya kepala penyelidikan, jabatannya digantikan oleh salah satu detektif.
Pada saat itu juga, sang Hacker Wyatt Gillete mencoba untuk pergi ke rumah mantan istrinya di sebuah perumahan dan akhirnya kembali dsitemukan oleh departemen CCU.
Anggota tim CCU kembali membawa Wyatt Gillete ke markas CCU dan memborgolnya karena dia sempat kabur dari sana.
Dengan kemampuan sang Hacker dan informasi yang didapat dari berbagai sumber di internet dan database yang ada, mereka akhirnya menemukan siapakah sang pembunuh tersebut seiring berjatuhannya korban lain. Penyergapan pun dilakukan sang pelaku kejahatan, namun berkali-kali pelaku dapat kabur dari kejaran polisi. Ternyata pelaku pembunuhan itu memiliki identitas palsu dan seorang partner dalam melakukan kejahatannya.
Kira-kira siapakah sesungguhnya sang pembunuh dan partnernya itu? Baca selengkapnya dalam the blue nowhere karangan Jeffrey Deaver. Dijamin akan lebih seru dan membuat penasaran. Nggak percuma baca buku ini. Hehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar