Selasa, 21 Juni 2011

Menginstall program .exe di Linux

Dulu aku kira pake linux tuh susah, nggak senyaman windows, nggak bisa langsung pake, danlainlain.... (curhat?!) Tapi.... Sekarang nggak ragu lagi nih jadi linuxer, apa aja bisa! Nggak cuma windows yang bisa ngejalanin program .exe. Di linux kita juga bisa pake program exe! Wow! Tapi pake wine dulu! (promosi??) Yah, nggak apa-apalah, susah-susah dulu baru seneng kemudian kan! (em, sok bijak :p)
Saya sudahi kata pengantar pleonastis yang gak jelas ini ya, and straight away to the point!
Jadi kalau kita ingin menginstal program-program .exe seperti adobe photoshop, microsoft word, coreldraw, dll... di linux kita instal dulu program wine. Dengan wine kita bisa nginstal program-program diatas dengan gampang, kayak di windows, tinggal klik-klik-klik!

Caranya!
=> Download dulu wine-nya.
- Search di google, download wine 
- di websitemya : http://www.winehq.org/
- ugm.ac.id (situs langganan download! hehe...)

=> Install wine. Kamu pilih yang wine.deb kan, tinggal dobel klik aja, lalu muncullah... jendela Package Installer. Di situ kamu klik Install Package, masukkan password sebagai bukti kewenangan kamu, lalu wine akan terinstall sendiri... Kalau sudah selesai installnya kamu klik close, close...  So easy, right!

=> Jikalau sudah terinstal dengan benar, sebentar lagi kamu bisa menikmati program .exe
Install dulu programnya, kayak di windows! misal instal adobe, winamp, ms.office, game, apa aja yang ekstensinya .exe (kecuali yang belum bisa dibuka, hehe...), dobel klik, next, next, next... sampai finish!

=> Buka program yang udah kamu instal tadi lewat menu > applications > wine > program kamu.
Tunggu loadingnya, (kalo udah terinstall dengan benar) pasti keluar kok! Yeyay! Pake aja seperti biasa... Untuk beberapa aplikasi portable, kamu malah bisa menikmatinya langsung tanpa nginstal, misal game, aplikasi flash atau apalah... Wis kaya pake windows, enak banget!

More info... Dengan wine kita bisa pake aplikasi notepad kayak di windows, kalo bosen sama aplikasi yang lama juga bisa di uninstall, dan kita juga bisa punya virtual drive C: kayak di windows, biasanya drive C: itu di home folder linux...

That's a few things I can deliver to you about wine, windows (.exe?) program loader for linux! Mungkin ada saran atau something yang ingin anda sampaiken, leave a comment! (or more) Thank You.

^_i'm just a newbie_^

4 komentar:

  1. wah..!! berguna bangat nih artikelnya.. we juga pendatang bru nih di dunia linux., makacih infonya...

    BalasHapus
  2. Senang artikel ini bisa bermanfaat :D
    Terima kasih sudah berkunjung!

    BalasHapus
  3. thanks ya ..... kunjungi juga dong di http://jayzinfo.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan kalo instal .exe di wordpress atau server hosting bisa gak ? Kalo bisa bagi tutorialnya.

      Hapus