Kamis, 21 Juli 2016

Menghapus folder di direktori Linux

Lamaa sekali nggak pake linux dan ngga bikin artikel tentang linux. Ya, sekarang saya kurang update terhadap perkembangan linux. Hanya belakangan saya mendengar penggunaan kali linux yang bisa digunakan untuk penetration testing. Walaupun teknologi terus berkembang, namun inti penggunaan atau dasarnya tetap sama. Seperti perintah sudo su yang dari dulu digunakan untuk login.

Nah, kali ini saya akan memposting tentang fungsi untuk menghapus file di direktori linux. Dan beberapa format properti file yang biasanya berguna jika kita mempunyai server website dengan sistem operasi linux seperti saat menggunakan SSH atau Secure Shell.

Menghapus direktori : rm -rf namadirektori
Perintah rm -rf ini berfungsi untuk menghapus direktori file yang memiliki beberapa file di dalamnya, tambahan rf digunakan untuk force atau untuk memaksa sistem menghapus file dan folder tanpa persetujuan kita lagi

contoh : rm -rf /opsys/home/lagu

Tapi, sebelum bisa menghapus folder, hak aksesnya harus diubah terlebih dahulu dengan chmod.
ada beberapa perintah chmod, contoh :

chmod 777 file/folder
perintah untuk mengubah hak akses suatu folder dapat dibaca,diedit atau dieksekusi oleh semua user seperti owner,user ataupun other. atributnya akan menjadi drwxrwxrwx.

Demikian sedikit pengetahuan tentang menghapus dan mengubah hak akses file dan folder di linux. Artikel ini sebagai cara untuk mengingatkan saya juga, hehe.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar