Rabu, 20 Juli 2016

Keahlian yang harus dimiliki seorang Programmer

Hallo peeps! Buat kamu mahasiswa TI, SI, siswa SMK anak SMA atau siapalah yang pengen jadi programmer, pasti bertanya-tanya. Sebenernya, programmer itu harus bisa ngapain aja sih? Apa koding doang pake bahasa pemrograman? Harus bisa desain? Kan udah ada yang desain, kudu ngerti hacking? Tau-tau nanti website kita dibobol orang kalo ngga aman?
Nah, sebenarnya dalam bidang IT ada bermacam-macam profesi yang mengharuskan seseorang untuk memiliki keahlian tertentu karena job desc atau tugas yang bermacam-macam. Selain programmer, ada sistem analis, database administrator, web designer, dll yang nanti bisa kalian simak perbedaannya di posting saya selanjutnya.

Pengertian programmer sendiri, menurut www.stiarzager.com :
Programmer adalah orang yang pekerjaannya sebagai penulis script atau bahasa pemograman untuk menciptakan sebuah aplikasi atau software.

Ya, menurut saya programmer memang orang yang pekerjaannya mengenai koding-mengkoding seperti penerjemah dari bahasa manusia ke bahasa komputer. Namun selain itu programmer juga harus mengerti beberapa hal yang menjadi pekerjaannya sehari-hari. Berikut beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh seorang programmer menurut oppienion:

1. Bahasa Pemrograman
Menjadi standar keahlian wajib seorang programmer, ada bermacam-macam bahasa pemrograman yang ada di muka bumi ini. Seperti PHP, java, phyton, C++, dll. Mungkin sulit bagi kita menguasai bahasa pemrograman tersebut, kita cukup pilih satu saja yang bisa kita kuasai dan menjadi keahlian yang bermanfaat bagi kita nanti. Bahasa pemrograman yang saat ini paling potensial adalah pemrograman web seperti PHP karena perkembangannya yang sangat pesat dan beberapa kelebihan dibanding bahasa pemrograman yang lain. Selain itu ada juga android yang kini menjadi tren yang sangat aplikatif untuk mobilitas pekerjaan kita.

2. Query Data
Jika membuat sebuah aplikasi, tentunya berhubungan dengan data. Sebuah aplikasi tentunya berguna untuk menampilkan, memproses atau manajemen data. Kemampuan mengelola database diperlukan oleh programmer untuk membuat sebuah fungsi dalam aplikasinya, diantaranya adalah melakukan query data. Untuk saya, yang paling sulit adalah melakukan query, karena maklum pas kuliah dulu selalu berangkat telat, duduk di belakang, sambil browsing sendiri, hehehe (jangan ditiru ya!). Namun, mau tidak mau kita harus mempelajari juga bahasa pemrograman database atau populernya SQL (Structured Suery Language)

3. Desain web
Ada beberapa perbedaan antara front-end dan back-end programmer, front-end programmer atau developer bertugas membuat antarmuka web, sedangkan back-end bertugas membuat bagian fungsional atau proses yang ada dalam aplikasi web. Untuk menjadi seorang programmer setidaknya kita harus menguasai html dasar serta css. Jika tidak ingin dipusingkan dengan desain, paling gampang kita bisa memakai template yang sudah jadi atau bootstrap yang free bisa langsung digunakan.

4. Analisa 
Meskipun programmer bertugas untuk mengeksekusi sebuah program, artinya adalah membuat sebuah kebutuhan manusia terpenuhi dengan adanya program tersebut. Maka dari itu setidaknya seorang programmer harus bisa melakukan analisa dan mengerti bagaimana cara program dapat bekerja untuk memenuhi kebutuhan pengguna

5. Security
Seorang programmer atau pembuat aplikasi web juga harus memiliki pengetahuan mengenai web security. Jangan sampai lah, sudah bikin aplikasi yang indah pake susah-susah eh besoknya dibobol sama hacker. 

Nah, setidaknya itulah beberapa skill yang harus dimiliki oleh seorang programmer, tidak terkecuali seorang programmer harus memiliki logika yang baik, rasa seni juga harus dimiliki serta beberapa etika yang bisa digunakan untuk melakukan pekerjaannya sehari-hari. 
Berikut ada artikel menarik dari Peter J. Kambey yang merupakan pelopor komunitas PHP di Indonesia. Programmer adalah pekerjaan paling menyenangkan di dunia, ya jika kamu memang benar-benar mencintai dunia programming sepenuh hati. Mari terus berkarya dan mengembangkan diri, supaya dunia programming di Indonesia semakin maju :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar