Selasa, 21 Agustus 2012

Kiat menulis Artikel

Saya punya beberapa tips nih, buat membikin artikel kita lebih bermakna dan sedikit berisi. Untuk yang pengen bisa menulis artikel dengan cepat juga ada di postingan saya yang dulu.

Gak biasa
Kebanyakan pengguna internet mencari hal-hal yang unik dan aneh. Termasuk search engine.
Namun search engine lebih banyak menemukan artikel yang populer. Kita emang perlu membuat artikel populer, tapi lebih baik lagi kalau kita membuat artikel yang beda. Mungkin awalnya ga ada yang baca, tapi lama-kelamaan kalau emang artikel kita bagus pasti bakal populer juga.

Lakukan riset
Sebelum mempublikasikan sesuatu, ada baiknya kita melakukan riset untuk artikel yang akan kita posting. Hal itu kita lakukan agar artikel yang kita tulis lebih berisi dan benar-benar as fact. Soalnya banyak sekali berita atau informasi gak bener yang beredar di internet. Kita sebagai blogger/penulis yang baik harus memastikan kalau tulisan kita sesuai dan gak melanggar SARA, apalagi mencoba membelokkan kenyataan dan membuat hoax yang bisa menggegerkan dunia maya ataupun nyata (ih waw!). Kita bisa meriset artikel dengan mencari info yang berkaitan dengan tulisan kita, siapa tau dengan banyak membaca lagi kita bisa memperbaiki atau menambahkan info yang berguna.


Terstruktur
Artikel memang memiliki struktur dan sistematika tertentu. Misal, pembukaan, isi, penutup. Kalau udah biasa pasti bisa dengan mudah menulisnya, dari kita banyak membaca kita bisa tau banyak format penulisan. Walaupun internet adalah dunia yang bebas, tempat kita bebas berekspresi tapi harus tetap memperhatikan etika. Begitu pula saat menulis, harus tetap memiliki struktur yang jelas agar pembaca gak kebingungan akan maksud tulisan kita.

Gak perlu dipaksakan
Menjadi penulis yang produktif emang harus selalu bisa memberikan hal-hal yang baru. Tapi, terkadang pikiran kita mupet atau gak punya inspirasi sama sekali. Apalagi buat kita yang moody, kadang ada ide langsung bisa dapet banyak. Kadang kalo pengen posting malah gak tau pengen posting apa buat ngisi blog. Buat artikel ini aja, saya memakan waktu seminggu lebih menunggu ide datang. Sementara itu, kamu bisa menulis perasaan kamu atau yang lainnya kalau emang mau ngeblog.

Perhatikan EYD
Buat blogger yang suka-suka emang terserah mau nulis apa, dengan bahsa sendiri atau bahasa alay, dll. Tapi, agar pembaca blog kita lebih nyaman dan mengerti dalam membaca alangkah baiknya kita tetap tidak mengabaikan EYD. Ejaan Yang Disempurnakan oleh negara Indonesia (yea).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar