Kamis, 02 Agustus 2012

Apa itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimization merupakan cara yang digunakan untuk mengoptimasi popularitas situs kita di search engine atau mesin pencari. Jika situs kita banyak terindeks oleh mesin pencari, otomatis banyak user yang akan mengunjungi situs kita. Selama info yang dicari relevan dengan situs kita.
Banyak pengguna internet mencari informasi melalui search engine atau situs langganannya. Dan situs langganan seperti itu pula biasanya didapat dari mencari. Ketika seorang pengguna merasa banyak informasi yang diinginkan ada di dalam situs itu, otomatis dia akan kembali ke situs itu. Yah seperti saya gitu, hehe.
Dulu, saya belum terlalu mengerti tentang SEO atau apalah itu. Padahal saya sering membaca buku-buku tentang internet, komputer, pembuatan situs, SEO, dll (Maklum, dulu masih gaptek dan belum nyampe ilmunya, hehe). But, I didn't get the idea. Buat apa sih bikin blog? Buat apa bikin artikel? Posting yang banyak? Apaan tuh seo seo?
Lama kelamaan, setelah ilmu saya agak bertambah dan mulai terbuka pikiran saya, sekarang saya mengerti kenapa harus begini begitu. Yah, hidup kan memang untuk terus belajar. Dari ngeblog, saya bisa membagi pengalaman, pikiran dll dengan orang lain, memacu kreatifitas. Dari sana juga melalui teman-teman saya dan banyak browsing, muncul pemikiran gimana biar blog saya jadi terkenal? Kalo gak bisa jadi artis, lewat internet pun jadi kan. Haha... Selain itu ternyata bisa juga nyari uang lewat blog.  Kayaknya wow banget kalau bisa punya blog yang cihuy.
Dengan tekad yang kuat akhirnya saya mencari berbagai macam cara supaya blog saya bisa maju. Minimal tampilan dan isinya bagus deh, biar banyak yang mengunjungi. Kepopuleran itu maya, sedang blog ada di dunia maya. Minus + Minus = Plus. Jadi populer di dunia maya itu seakan nyata. Tapi tetep apa adanya aja lah. Selama kita ikhlas berbagi dan hanya sekedar menyalurkan hobby buat saya. Yang penting gak tertekan deh kalau blog kita tiba-tiba trafficnya menurun. Huhu.
Dari berbagai pencarian saya menemukan sejumlah keyword yang bikin mata ijo. Kalau dulu buta sama yang namanya SEO sekarang kalau ada kata SEO pengen ngeklik aja. Berburu tips dan trik SEO di internet banyak banget, dari yang tips lokal sampai trik luar (maksudnya dari luar negeri).
Banyak lah, cara supaya blog kita naik trafficnya, atau populer walaupun di kalangan sendiri. Seperti sering-sering posting, banyak-banyak komentar, bertukar link dengan blogger lain dan sebagainya. Strategi SEO terdapat di dalamnya  Namun ternyata, banyak sekali hal-hal teknis yang harus kita lakukan untuk melakukan SEO. Mulai dari penggunaan keyword, meta tag, penggunaan url, pengaturan halaman, dll. Sampai pusing saya membaca kumpulan trips (triks tips) seperti itu dengan segala istilah baru yang harus betul-betul dipahami.
Mungkin lain kali saya akan memberikan trips SEO yang pernah saya dapatkan. Karena jujur, susah banget menerapkan SEO buat saya. Soalnya terkadang gak mendukung atau gak sesuai dengan pemikiran saya yang yah masih pengen suka-suka sendiri. Hihi... It's just whatever gitu, mau blog rame atau sepi, adsense ga ada yang ngeklik, blog berantakan, it's just fine! Hidup saya gak di dunia maya aja. Masih ada dunia nyata. Jangan stres deh karena SEO (padahal agak sedikit sih). Meskipun keliatannya susah, tapi kalau kita mau menerapkan dengan baik dan tetap santai pasti suatu saat nanti akan take effect (Menasehati diri sendiri)
Just eskian mengenai SEO (dan kehidupan ngeblog saya). Maju dunia blogger suka-suka! Eh, Indonesia. Hehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar