Selasa, 11 Oktober 2011

Natural Home Remedy


Seringkali kita di rumah mengalami gangguan kesehatan atau sakit yang tak terduga. Mungkin karena terluka, demam, diare, dll. Kita dapat menggunakan beberapa bahan alami yang sering kita jumpai di rumah untuk menyembuhkan luka atau sakit yang kita alami.
  1. Lidah Buaya, berfungsi untuk mengobati luka. Apabila anggota tubuh kita terluka, tergores atau terbakar, kita bisa menggunakannya seperti betadine hanya dengan mengoleskan lendirnya ke bagian tubuh yang luka. Sederhana sekali kan, hanya dengan mengiris dan mengoleskan lendirnya tentunya setelah membersihkan bagian yang luka. Lakukan dengan rutin, insyaAllah luka anda akan sembuh.
  2. Bawang Putih, biasanya digunakan sebagai bumbu dapur. Namun khasiat bawang putih ternyata cukup banyak, salah satunya menghilangkan panu. Iris bagian tengahnya dan oleskan ke bagian tubuh yang terkena panu. Bagian tengah tadi kan biasanya agak basah, bagian itulah atau lendirnya yang berfungsi sebagai penghilang panu. Selebihnya bisa digunkana untuk memasak, hehe…
  3. Kunyit, untuk menghilangkan diare. Ada jamu kunir apu, yang biasa kita jumpai di penjual jamu. Tetapi kita juga dapat membuat sendiri dengan memarut kunyit dan diperas hingga kita mendapat ekstrak kunyitnya. Memang baunya anyir, atau seperti itulah, hehe. Tapi kita bisa menambahkan madu atau garam dan gula lalu ditambah dengan tomat dan dioleskan pada ikan yang akan dipepes… Ups, maksudnya tambahkan gula/madu saja supaya rasanya lebih baik. Lebih baik lagi kalau kita menambahkan apu, yaitu yang biasa dipakai nginang orang tua jaman dahulu.
  4. Daun jambu biji, juga berguna untuk mengobati diare. Pilih daun muda (emangnya tante2?), maksudnya daun jambu biji bagian pucuk atau yang muda. Daun itu kita remas atau dideplok lalu tinggal dimakan. Memang rasanya pahit, tapi lumayan untuk menyembuhkan...

Diatas baru sedikit bahan-bahan alami yang bisa kita gunakan untuk mengobati sakit atau luka kita. Allah telah menciptakan berbagai macam benda yang berguna yang bisa kita manfaatkan untuk kesejahteraan kita. Maka mari kita terus beribadah kepadaNya dan menjaga alam kita :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar