Minggu, 13 Januari 2019

Wisata Ijo-ijo Jepara


Akhir tahun dengan hari libur yang cukup panjang menjadi kesempatan yang bagus untuk berwisata dengan yang tersayang atau keluarga. Jepara selain terkenal dengan pantai-nya juga memiliki keindahan alam berupa dataran tinggi yang masih merupakan bagian dari lereng gunung Muria.
Berikut beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi bersama pasangan, teman atau keluarga anda di daerah Jepara.


Gong Perdamaian Dunia – Plajan
Letak gong perdamaian dunia ada di desa Plajan Kecamatan Pakis Aji, Jepara. Lokasinya terhitung lebih dekat dengan pusat kota Jepara dan terletak di wilayah yang terdapat beberapa area wisata lain.
Di gong perdamaian ini, terdapat 3 Gong Perdamaian mulai dari Gong Perdamaian Dunia, Gong Perdamaian Asia-Afrika sampai Gong Perdamaian Nusantara. Terdapat banyak foto yang menunjukkan peresmian Gong Perdamaian Dunia. Yang terbaru adalah patung robot yang terbuat dari ban yang sudah dibentuk sedemikian rupa sehingga bisa dijadikan objek atau background foto untuk mendokumentasikan kunjungan anda.
Tiket masuk ke gong perdamaian cukup murah, hanya lima ribu rupiah. Anda bisa berkeliling dan melihat-lihat serta berfoto bersama gong yang sejarahnya bisa dibaca disini.


    

Akar Seribu – Plajan
Masih di Plajan, dengan lokasi yang cukup dekat dari Gong Perdamaian. Ada wana wisata lain yaitu Akar Seribu. Akar seribu merupakan sebutan bagi sebuah pohon besar yang memiliki akar yang cukup besar dan banyak sehingga dinamai akar seribu. Di akar seribu, ada taman-taman, arena bermain, juga yang terbaru adalah gardu pandang yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan atau sekedar berfoto dengan panorama alam sekitar.
Tiket masuk ke Akar Seribu juga lima ribu rupiah. Dengan area parkir yang cukup luas dan hawa adem yang bisa digunakan untuk piknik atau makan bersama keluarga. Namun, jika ingin berjalan-jalan berkeliling sebaiknya mempersiapkan fisik anda jika ingin trekking, karena area yang agak tinggi dan terkadang tanah yang curam. Apalagi jika ingin ke gardu pandang yang berada di daerah yang cukup tinggi.



3. Air Terjun Songgo Langit
Jika meneruskan perjalanan agak jauh lagi ke arah utara, kita akan menemukan air terjun Songgo Langit yang berada di desa Bucu, Kecamatan Kembang. Masuk dari jalan raya jika kita dari arah Jepara kota, belok kanan menuju gerbang ke arah air terjun Songgo Langit. Begitu masuk, kita akan disuguhi dengan pemandangan hutan, sawah, dan begitu melewati perkampungan akan berasa berada di dataran tinggi sampai di Air Terjun Songgo langit.
Air terjun ini dinamakan songgo langit karena sangat tinggi jadi seakan-akan menyangga langit.
Dulu sewaktu saya datang saat musim kemarau, airnya sangatlah sedikit sehingga tidak begitu terlihat seperti air terjun. Namun saat musim hujan airnya akan terlihat cantik, namun sayangnya sekarang kita tidak diperkenankan untuk mandi atau berada dekat-dekat dengan air terjun, karena sudah dibatasi area yang bisa kita singgahi.
Di air terjun Songgo Langit, kita bisa berfoto bersama air terjun, juga ada beberapa spot foto kekinian sesuai kebiasaan masyarakat sekarang yang suka berfoto. Tidak banyak pedagang atau penjual makanan, jadi disarankan jika datang kesini bawalah makanan sendiri yang mungkin bisa dinikmati bersama keluarga sambil melihat keindahan air terjunnya.
Tiketnya hanya empat ribu rupiah per orang dan dua ribu untuk parkir satu motor.




4. Gardu Pandang Puncak Jehan – Kunir, Keling
Gardu pandang puncak Jehan menjadi wisata yang hits di Jepara akhir-akhir ini karena mempunyai banyak spot foto menarik. Dengan tiket hanya tiga ribu rupiah per orang, kita bisa berfoto sepuasnya. Namun untuk mencapai puncaknya dibutuhkan sedikit perjuangan ekstra karena jarang dari tempat parkir sampai ke lokasi spot foto lumayan jauh dan curam. Namun kita bisa menyewa ojek yang sewaktu-waktu bisa mengantar sampai ke puncak dengan membayar sepuluh ribu rupiah untuk naik atau lima ribu rupiah untuk turun. Di sepanjang jalan menuju spot foto kita akan melewati hutan dan pohon cemara, mirip mirip dengan lagu naik naik ke puncak gunung yang kiri kanan terdapat pohon cemara xD
Di puncak atas ada beberapa penjual makanan dan gazebo yang bisa digunakan untuk tempat beristirahat, jadi jangan khawatir jika merasa lapar dan lelah karena sudah tersedia makanan ringan seperti mie instan dsb serta minuman yang dijajakan.





Sekian empat wisata hijau-hijau yang bisa anda kunjungi di Jepara. Masih ada banyak lagi wisata yang bisa kita kunjungi seperti Desa Tempur, Hutan sreni mayong, nanti Oppie akan lanjut review setelah mengunjunginya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar