Kamis, 12 November 2020

Wisata Pantai di Jepara


Jepara, adalah sebuah kota yang terletak di ujung utara pulau Jawa. Kota Jepara terkenal sebagai kota Ukir dan berada di daerah pesisir dengan banyak pantai yang indah. Sudah coba mengunjunginya?
Berikut beberapa pantai yang ada di kota Jepara :

1. Pantai Tirta Samudra
Pantai Tirta Samudra berada tidak jauh dari pusat kota Jepara, berada di desa Bandengan dan memiliki garis pantai yang cukup luas sehingga kita dapat menikmati keindahan pantai dari berbagai sudut di Pantai Tirta Samudra. Di pantai Tirta Samudra, banyak hotel dan homestay yang bisa kita gunakan untuk menginap.
Di pantai ini, kita bisa berenang, sekadar bersantai atau menyeberang ke Pulau Panjang, yaitu pulau kecil dengan pasir putih dan hutan alaminya.
Tiket masuk ke Pantai Tirta Samudra hanya sekitar lima ribu rupiah per orang.

2. Pantai Kartini Jepara
Pantai Kartini adalah pantai yang paling dekat dengan pusat kota Jepara, berada di Kelurahan Bulu dan satu area dengan Pelabuhan Jepara. Di pantai Kartini ada taman bermain yang bisa digunakan anak-anak untuk bermain, banyak tempat bersantai, tersedia tempat ibadah, warung-warung penjual makanan atau oleh-oleh. Dan yang paling menarik adalah patung kura-kura berukuran besar yang dulu rencananya dibangun untuk aquarium bawah laut.
Di pantai Kartini, kita bisa menginap di beberapa homestay yang tersedia. Karena dekat dengan pelabuhan, yang biasa digunakan untuk menyeberang ke Pulau Karimunjawa. Kita juga bisa menyeberang ke Pulau Panjang lewat Pantai Kartini. Harga tiket terbaru untuk masuk ke pantai Kartini adalah lima ribu rupiah saja.

3. Pantai Teluk Awur
Pantai Teluk Awur berada di desa Teluk awur, yang juga tidak jauh dari pusat kota Jepara. Di pantai Teluk awur kita bisa menikmati pemandangan pantai yang sangat luas, dengan penjaja makanan khas seafood dan sebagainya. Kita bisa berenang disana, walau pantai ini tidak terlalu populer untuk renang. Karcis masuk ke Teluk awur adalah 2 ribu rupiah per orang.
Pantai teluk awur terkenal dengan beberapa resort di  seperti Ocean View. Di Ocean View kita bisa menginap atau sekedar datang restorannya yang unik yang juga berada di atas dermaganya sambil bersantai menikmati keindahan pantai teluk awur.

4. Pantai Bondo
Pantai Bondo berada di di Desa Bondo, kecamatan Mlonggo Jepara. Pantai Bondo masih memiliki pasir putih dan garis pantai yang luas. Dengan banyak penjaja makanan khas pantai atau seafood dan makanan ringan yang lain.

5. Pantai Empu Rancak
Pantai Mpu Rancak masih berada di daerah Mlonggo yaitu di desa Karang Gondang. Cocok untuk menikmati sunset dan makan bersama keluarga. Banyak warung makan yang menyediakan gazebo serta tempat makan yang lumayan banyak dan luas untuk rombongan atau kita yang ingin makan seafood di pinggir pantai.

6. Pantai Guamanik
Pantai Guamanik berada di Kecamatan Donorojo, butuh waktu sekitar 1 jam dari pusat kota Jepara untuk sampai ke Pantai Guamanik. Pantai Guamanik adalah salah satu pantai dengan pasir hitam yang sarat akan zat besi dan dari pantai ini kita bisa melihat Pulau Mandalika, yaitu pulau yang tak berpenghuni yang dulunya dipakai untuk tempat pengintaian musuh pada era penjajahan Portugis. Bersebelahan dengan pantai Guamanik juga terdapat bangunan bersejarah yaitu Benteng Portugis. Benteng Portugis merupakan reruntuhan bangunan bersejarah yaitu benteng yang dahulu kala dibangun pada masa penjajahan portugis ke Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar