Kamis, 08 September 2016

Cara Membuat Virtual Host di Windows


Sebelum membuat virtual host, ada baiknya kita mengenal dan mengerti dulu apa itu virtual host. Virtual host biasanya digunakan oleh para programmer dalam pengembangan web untuk domain utama memanggil output dari web yang sedang dikerjakan. Misal biasanya kita memanggil halaman web dengan localhost/folderpengembangan. Nah, dengan membuat virtual host kita bisa mengganti alamat tersebut menjadi misal websiteku.dev
Sedangkan menurut wikipedia "Virtual Host adalah cara untuk mengatur banyak website atau URL di dalam satu mesin atau satu IP. Contoh kita mempunyai banyak domain tapi hanya mempunyai 1 IP public atau 1 server".
CCara Membuat virtual host
Masuk ke folder C:/xampp/apache/conf/extra dan buka file httpd-vhosts.conf
Cari paragraf paling akhir yang biasanya memiliki  grup seperti ini :
##
    ##ServerAdmin webmaster@dummy-host.example.com
    ##DocumentRoot "C:/xampp/htdocs/dummy-host.example.com"
    ##ServerName dummy-host.example.com
    ##ServerAlias www.dummy-host.example.com
    ##ErrorLog "logs/dummy-host.example.com-error.log"
    ##CustomLog "logs/dummy-host.example.com-access.log" common
##
Copy file tersebut dan hilangkan tagar (tanda pagar) yang ada di depannya menjadi :

Kita bisa mengganti pengaturan sesuai dengan folder dan nama yang kita inginkan, misalnya pada DocumentRoot kita harus mengganti dengan folder yang sesuai dengan folder project xampp . Untuk servername dan serveralias bisa diganti dengan domain yang ingin kita panggi untuk mempermudah dalam pemanggilan halaman web. Setelah selesai mengatur file httpd-vhost.conf, simpan file.
Selanjutnya kita juga harus mengatur host di system32. Agar bisa diedit pertama-tama buka notepad atau teks editor kamu dengan klik kanan Run as administrator, setelah terbuka baru open file hosts yang berada di C:/Windows/System32/drivers/etc/hosts lalu edit atau tambahkan alamat virtual host tadi dengan format sbb :

Setelah itu simpan dan restart apache lalu cek halaman virtual host kamu dengan mengetikkan alamat misal tokoonline.dev atau link yang sudah anda buat tadi.
Semoga bermanfaat ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar