Rabu, 07 September 2016

Solusi Masalah apache tidak Berjalan

Terkadang dalam menginstal apache webserver atau xampp kita mengalami masalah seperti apache tidak bisa berjalan karena port sudah digunakan atau diblokir oleh aplikasi lain. Padahal dengan master software yang sama kita bisa menginstal xampp di komputer lain. Penyebabnya masih menjadi misteri buat saya, karena itu sekaligus sebagai pengingat bagi saya. 
Sebenarnya apache biasa berjalan di port 80, namun terkadang ada aplikasi lain yang menggunakan port tersebut seperti skype atau teamviewer. 
Nah, untuk mengatasi masalah apache tidak berjalan karena portnya telah dipakai coba kita teliti dulu port tersebut dipakai untuk apa. Untuk itu, masuk ke command prompt dan ketikkan netstat -ano untuk melihat daftar port yang ada dipakai oleh proses apa : 


Lihat di bagian Local Address yang memiliki port :80. Di komputer saya, port 80 telah dipakai oleh PID 3148. PID merupakan process id atau identitas proses yang sedang berjalan.
Untuk mengecek proses apakah itu kita datangi task manager dan lihat di detailnya PID tersebut milik siapa. 


Cari PID dengan nomor yang dimaksud dan ternyata PID 3148 di komputer saya adalah httpd.exe atau apache karena memang apache saya berjalan dengan baik. Namun terkadang port tersebut digunakan oleh PID 4 yaitu process id milik system. Nah, kalau sudah begitu harus bagaimana?
Solusi pertama adalah restart dan ulangin run apache. 
Solusi kedua yaitu dengan mengganti port pada httpd.conf menjadi 8080. Masuk di window xampp lalu klik Config dan pilih Apache(httpd.conf).


Cari listen 80 dan ganti menjadi 8080 seperti gambar di bawah :


Ganti juga servername Localhost :80 menjadi Servername Localhost:8080. Setelah keduanya diganti, simpan dan restart xampp dengan Stop dan Start kembali apache. Jika langkahnya benar maka apache sudah bisa berjalan lancar. Kita bisa mengakses localhost dengan tambahan localhost:8080/
Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar