Kamis, 11 Agustus 2016

Tool Pemrograman

Bekal apa sih yang harus kita punya kalo mau jadi programmer?
Pertama, niat. Ilmu. Juga media atau sarana yang digunakan untuk pemrograman.
Kali ini saya akan membahas tentang beberapa tool pemrograman yang sering digunakan untuk membuat program atau aplikasi web. Berikut tool yang sering saya gunakan :

1. Text Editor
Text editor atau editor teks merupakan tempat kita menuliskan kode program yang akan dibuat. Kita bisa menggunakan teks editor biasa seperti notepad, namun jika kode sudah terlalu banyak maka akan sulit untuk membedakan beberapa kode yang ada. Text editor yang lebih canggih dan biasa digunakan adalah notepad++, sublime text,


2. Webserver
Web server merupakan server yang dapat bekerja secara lokal untuk menjadi server web untuk program yang kita buat. Contoh webserver adalah xampp, lampp atau linux for xampp.

3. Database Management Tool
Merupakan software yang bisa digunakan untuk mengelola database, mulai dari membuat, mengedit, menghapus dan sebagainya. DBA tool ini digunakan sebagai interface saat kita ingin mengelola suatu database sql. Contohnya : phpMyAdmin, NaviCat, dbForge for MySQL, sqlYog.

3 tool di atas menjadi tool andalan yang dapat kita manfaatkan untuk membuat sebuah website. Namun ada beberapa tool tambahan yang bisa digunakan seperti dreamweaver yang bisa digunakan untuk mendesain dan koding web. Netbeans bisa digunakan untuk coding berbagai macam bahasa pemrograman, sekaligus menjalankan program.

Nah, itulah beberapa tool yang dapat digunakan untuk coding atau membuat program web yang sering saya gunakan, oyah jangan lupa pake browser seperti mozilla, chrome atau opera untuk melihat hasilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar