Jumat, 20 Mei 2011

Tips Mengamankan Data/Dokumen


 Jika kita memiliki dokumen penting dalam sebuah computer ada baiknya kita melakukan hal-hal berikut :


  1. Tempatkan file-file anda pada drive selain system. Misalnya computer kita memiliki dua partisi yaitu C: system dan D:, maka tempatkan dokumen anda di drive D: agar ketika computer anda harus diinstal ulang dokumen anda tidak ikut terhapus bersama dengan system.
  2. Backup dokumen anda atau membuat salinan file tersebut agar ketika data yang asli hilang masih ada salinannya yang tidak ikut hilang.
  3. Simpanlah di beberapa tempat atau tempat-tempat tertentu yang sekiranya aman. Bisa dikopi di flashdisk untuk sementara atau di masukkan ke dalam cd.
  4. Berhati-hatilah dalam membuat nama file, usahakan agar berbeda dengan nama file lain. Karena jika kita keliru menyimpan sebuah file dengan nama yang sama maka file sebelumnya akan hilang tertimpa file baru kita. GUnakan fitur save as agar bias membedakan file lama dan baru.
  5. Untuk yang memiliki kebiasaan menyimpan fil e di my document pada windows lebih baik memindahlan folder itu pada drive yang aman. Cara memindahkannya gampang sekali. Anda hanya perlu melakukan klik kanan pada My Documents lalu klik properties, pada Target Folder tentukan drive yang sekiranya aman. Misalkan di drive D:, lalu klik Move. Maka My Documents anda akan berpindah ke drive D:. Untuk mengembalikannya tinggal klik Restore Default.

Demikian sedikit cara yang bias kita gunakan untuk menjaga dokumen kita tetap aman. Yang terpenting adalah berhati-hati dan bijaksana dalam menggunakan computer anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar