Selasa, 25 Mei 2010

Kiat Belajar Efektif

Belajar merupakan kegiatan yang tidak akan pernah bisa untuk ditinggalkan. Mulai dari kecil, sewaktu kita masih bayi, kita belajar untuk berbicara, makan, berjalan sampai kita besar dan sampai di bangku sekolah. Bahkan setelah selesai atau tamat belajar di sekolah pun, kita masih harus belajar bekerja, memaknai hidup dll. Sampai kita meninggal.
Sekarang sebagai pelajar, kewajiban utama kita merupakan belajar. Tetapi, adakalanya prestasi belajar kita naik turun dikarenakan suatu hal. Ataupun takdir. Suatu kali, kita belajar dengan sungguh-sungguh. Tetapi hasilnya kurang memuaskan. Berikut ada beberapa kiat yang yang dapat kamu lakukan untuk belajar lebih efektif.
1.Pilih waktu yang tepat dan tempat yang nyaman untuk kita bisa belajar dan berkonsentrasi dalam memasukkan bulir-bulir ilmu ke dalam otak kita.
2.Review pelajaran yang telah kita dapat seharian dari sekolah. Ulangi pelajaran yang telah kita dapat sepulang sekolah.
3.Jangan bermalas-malasan, lakukanlah tugas atau kerjakan PR yang diberikan oleh Guru dengan segera. Pelajari bab-bab yang akan dibahas.
4.Buat catatan kecil, atau ringkasan untuk memudahkan kita belajar. Seperti membuat kata kunci untuk suatu pelajaran agar kita mudah mengingat hal itu.
5.Berlatih dengan mengerjakan tugas-tugas atau latihan. Jangan tunggu perintah dari guru untuk mengerjakan suatu tugas atau latihan. Apabila kita belum bisa mengerjakannya maka saat dibahas kita dapat bertanya sehingga lebih jelas.
6.Belajar dengan rutin. No belajar wayangan. Belajar dengan sistem lembur, wayangan, atau belajar semalaman percuma saja apabila kita tidak dapat menyerap ilmu yang kita pelajari secara utuh. Kita terbiasa belajar sebelum test atau ulangan dengan menghafalkan. Metode ini sungguh tidak efektif karena biasanya setelah selesai tes atau ulangan kita akan lupa. Jadi usahakan untuk menyerap ilmu dengan baik.
7.Sungguh-sungguh. Kerjakan semua tugas dengan sungguh-sungguh. Apabila kita ingin mendapatkan hasil yang baik semua harus dilakukan denga baik dan sungguh-sungguh.
8.Baca, baca, baca. Membaca adalah bagian dari belajar, bacalah apa saja. Mulai dari buku pelajaran, koran, majalah dll.
9.Buat jurnal belajar. Sebagai siswa yang rajin dan agar tidak lupa. Buatlah sebuah catatan atau jurnal belajar. Seperti apa yang kita pelajari di sekolah hari ini, tugas atau PR yang diberikan Guru, sampai bab apa dst. Ini akan memudahkan kita untuk mengingat mana yang akan dipelajari untuk selanjutnya.
10.Lakukan mulai dari sekarang! Tunggu apalagi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar