Jumat, 02 Oktober 2009

Kenali Spesifikasi Komputer Anda

Banyak pengguna komputer yang masih awam belum terlalu mengerti mengenai spesifikasi komputernya.Seperti saat dulu saya memiliki komputer baru, sama sekali saya tidak mengerti mengenai sistem komputer. Jadi, apabila menemukan kerusakan sedikit saja, harus langsung dibawa ke service komputer dan hal tsb. terjadi berulang-ulang. Banyak biaya keluar hanya untuk reparasi komputer. Tapi dalam artikel ini yang saya bahas bukan kerusakan komputer atau service. Tetapi seperti di awal. Bagaimana cara mengetaui spesfikasi komputer kita.

Banyak cara untuk mencari tau kualitas dan spesifikasi komputer. Pada icon My Computer di desktop, klik kanan lalu pili properties. Pada system properties kita dapat mengetahui apa spesifikasi komputer ini. Dari Operating System, processor, dan kapasitas RAM. Seperti gambar disamping, Sistem Operasinya adala Microsoft Windows XP Professional Versi 2002 SP2. Lalu computer tsb. mempunyai processor Intel(R) atau Celeron 2.13GHz dengan RAM 480 MB. Kapasitas RAM biasanya adala kelipatan dari 16, yaitu 32Mb, 64MB, 128MB, 256B, 512MB, sampai 1GB dan seterusnya. Pada komputer ini kapasitas RAM yang asli adala 512MB. Tetapi, karena terpotong untuk VGA jadi kapasitasnya hanya menunjukkan 480MB. Itu berarti telah berkurang 30MB untuk VGA. Biasanya VGA onboard.


Selain dari sytem Properties, kita juga dapat mencari tahu di DXDiagnostic Tool. Yaitu dengan masuk ke Run - ketik dxdiag. Maka akan muncul jendela DirectX Diagnostic Tool. dalam dx diag ini spesiikasi komputer lebih detail. Hari tanggal dan waktu sekarang, nama komputer, OS, baasa yang digunakan, sistem manufaktur, model sistem, BIOS, Prosesor, Meory (RAM), versi directX dll. Pokoknya semuanya lengkap di DXdiag. Disini juga ada aslitas untuk mengetahui kualitas tampilan atau Display, Suara(Sound), Music dll. Display menunjukkan perangkat output tampilan komputer yaitu monitor. Sound menunjukkan perangkat output speaker dan drivernya. Terdapat pula test-test yang digunakan untuk mengecek kedua perangkat tadi.

Sekian dulu artikel ini, saya menyadari masih banyak sekali kekurangannya. Untuk menambah pengetahuan bagi yang baru dan semoga yang lama dapat memberikan pengetahuan untuk saya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar