Kamis, 10 September 2009

Dilema Facebook

Manusia adalah makhluk sosial. Tidak dapat terpisah dari manusia lain. Karena satu sama lain saling membutuhkan. Maka dari itu, manusia saling berhubungan untuk mempermudah manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia itu sangat senang untuk berhubungan dengan manusia lain. Baik secara langsung atau tidak langsung. Melalui media yang saat ini berkembang sangat canggih. Salah satunya social networking di internet, yaitu Facebook.

Facebook adalah salah satu situs jejaring social yang paling digemari saat ini. Digunakan untuk mencari teman atau menambah teman, mencari jodoh, mencari informasi, bahkan mencari keuntungan financial. Mengapa Facebook sangat digemari? Melalui facebook, kita dapat dengan mudah mencari teman, menambah teman dan lain-lain. Facbeook dapat menghubungkan satu orang dngan orang yang lain secara langsung maupun tak langsung. Secara langsung, FB mempunyai fitur yang digunakan untuk chatting atau berbicara secara langsung dengan sesama teman yang online. Selain itu, pengguna Fb juga dapat saling berinteraksi dengan menulis di dinding teman atau antar dinding, berkirim pesan atau mengomentari status.

Setiap membuka computer yang terkoneksi dengan internet, pasti yang pertama dibuka adalah www.facebook.com. Ada sensasi atau rasa tersendiri saat membuka FB. Mungkin kita menanti terkonfirmasinya permintaan pertemanan kita, mengkonfirmasi permintaan pertemanan seseorang, menanti balasan pesan antar-dinding atau komentar dan lain-lain. Hal itu mendorong kita untuk memiliki banyak teman. Ingin rasanya mencari dan menambah teman seebanyak-banyaknya agar kita bisa berinteraksi dengan mereka. Dengan proses yang mudah kita dapat dengan mudah pula mencari teman di facebook. Tinggal ketik nama orang yang akan kita cari pada form pencarian lalu tekan tombol pencarian, maka kita akan dipertemukan dengan kemungkinan orang tersebut dan menambahkannya sebagai teman. Atau bahkan dengan meengetik asal-asalan dan mengimajinasikan nama orang lalu melihat fotonya sekilas dan lagsung menambahkannya sebagai teman tanpa memperdulikan siapakah orang tsb. Kita tidak sadar siapa orang itu. Permintaan teman yang menumpuk dan langsung dikonfirmasi tanpa tahu siapakah itu. Kalau kita tidak cermat dalam menyeleksi teman, bisa-bisa orang asing masuk ke dalam kehidupan kita tanpa kita tahu adanya. Dan itulah… kita harus berhati-hati dalam mencari teman di internet.

Facebook juga pernah mendapat predikat ‘haram’ dari Majelis Ulama Indonesia. Dikarenakan mempunyai dampak negative dan mempunyai terlalu banyak unsur negative dan lain-lain.

Tapi itu semua bergantung pada diri kita masing-masing. Yang jelas, kita harus tetap jujur. Dalam artian jujur yang benar, tepat dan pintar dalam menyikapi semua hal yang ada di internet. Jangan terlalu jujur, tetapi jangan pula terlalu tidak jujur. Pokoknya jangan sampai kita menipu ata tertipu yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Sudahkah anda memiliki account facebook? Atau tertarik dengan situ social networking yang lain? It’s all Up to You…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar