Rabu, 04 September 2013

Membuat Efek Instan dengan Actions di Photoshop

Untuk sebagian pengguna awal atau pemula (seperti saya) mengedit foto di photoshop sangatlah rumit dan membutuhkan jiwa seni yang tinggi untuk membuat sebuah foto kelihatan lebih wah gitu. Kalau sekedar mengganti kontras, color balance, atau memperbaiki foto yang buram (atau malah memburamkan foto) sih memangcukup gampang. Ada juga banyak tutorial yang beredar di internet yang bisa kita jadikan pegangan dalam mengedit foto. Hanya membutuhkan ketekunan dan jiwa seni untuk membuat sebuah foto jadi kelihatan wow.
Nah, buat anda yang malas mengutak-atik photoshop, gak sempat baca tutorial, atau alasan lainnya... Ada sebuah cara instan yang bisa kita gunakan untuk membuat foto kita lebih menarik atau memberikan efek unik yang gak memerlukan banyak langkah. Cukup satu klik, gunakan actions di photoshop. Actions? Apaan sih?
Action adalah sekumpulan perintah yang bisa kita play back atau mainkan kembali pada sebuah file atau file batch. Kebanyakan perintah dan operasi bisa direkam pada actions. Misalnya memberi filter lalu memotong gambar, memberikan efek vignete dll. Actions terletak pada panel sebelah kanan yang biasanya berada satu panel dengan history.


Di photoshop biasanya telah ada beberapa default actions yang bisa kita terapkan pada foto kita, namun terbatas hanya membuat efek bingkai, vignette, memberi efek pada sebuah teks, dll. Namun selain itu, kita juga bisa mendapatkan berbagai efek actions yang menarik yang banyak sekali beredar di dunia maya. Misal efek instagram, polaroid, lomografi dan banyak lagi. Untuk menambahkan koleksi actions caranya mudah, hanya dengan mengklik tombol panan yang ada di kanan atas panel Actions lalu pilih load actions. 

Berikut contoh foto yang telah saya edit menggunakan beberapa actions di photoshop, anda bisa mendownload bermacam-macam actions di deviantart, atau browsing di google. 




Em, cukup mengagumkan untuk membuat sebuah efek tanpa kerja keras. Hehe. Nah, sekian semoga posting ini bermanfaat. Photoshop - Action!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar