Rabu, 02 November 2011

Masalah Pagefile Membengkak



Belakangan ini, windows aku jadi aneh gitu. Masalah dari dulu sih, malware. Dari yang gak bisa buka program, autorun yang menyebalkan, udah lah aku biarkan saja. Sampai suatu saat drive C: nya penuh terus. Virtual Memory Minimum too Low gitu. Aku hapus drive C: nya jadi penuh juga, kebanyakan install porgram yang gede-gede mungkin. Lalu aku instal ulang dan instal sedikit software, eh dia kumat lagi. Setelah aku selidiki, ternyata pagefile-nya gedhe banget. Kapasitas drive C: yang aku jadikan system kan cuma 8,5Gb dan terpakai sekitar 5Gb. Nah, pagefilenya bisa dampai 3Gb atau lebih sampai memenuhi hdd aku. Hmm... Gimana cara menguranginya? Dihapus?

Aku tanya, tanya, tanya teman-temanku nggak ada yang tahu sampai akhirnya sms aku dibales tengah malem. Katanya temanku nih :

Pagefile itu untuk virtual memory, kalau pagefilenya dikosongkan atau dihapus nanti windowsnya bisa corrupt dan sistemnya eror. Pengaturan pagefile/ virtual memory ada di klik kanan My ComputerProperties – pilih Advance – lalu Setting yang paling atas kita pilih Virtual Memory. Terus tuliskan minimal virtual memory dan maximal virtual memory-nya. Kalau untuk komputer aku yang ramnya 512Gb minimal vm 600Mb dan maximal vm 1200Mb. Jadi, vm minimal kamu lebihkan 128Mb dari RAM kamu dan maksimalkan dua kalinya. Lalu habis itu klik Change dan restart komputernya. Ukuran pagefile biasanya mennganut ukuran RAM, jika RAM-nya 256Mb pagefilenya 384, kalau 512Mb bisa jadi 680Mb sampai 1,5Gb. Dan maksimal pagefile biasanya 2Gb. Lebih baik segera diet VM kalau pagefile kamu lebih dari itu, soalnya kasihan juga harddisknya. Mending kalau kapasitasnya banyak, kalau kecil kan repot. Maklumlah, pemilik komputer reot.

Okelah, berhubung aku belum mencoba dan belum tau banyak jadi ini dulu yang bisa kusampaikan. Sebenarnya hanya untuk mengingat-ingat aja sih, tapi syukur-syukur kalau bermanfaat. Next, akan aku posting lebih dalam lagi tentang pagefile. Stay tune ya! Salam Bloggerrrrrr :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar