Minggu, 27 Juni 2010

Membuat Startup USB dengan linux Ubuntu

Bosan menggunakan Linux Ubuntu, saya mencoba mencari distro linux yang lain. Setelah selesai mendownload file ISO-nya seharusnya saya langsung memburning file ISO tsb. Akan tetapi karena keterbatasan alat dan waktu, saya mencoba alternatif lain. Kebetulan di Linux ubuntu ada fasilitas untuk membuat Startup Disk, maka dengan sebuah USB FDD atau Flashdisk saja kita sudah bisa membuat FDD menjadi bootable. Yang harus diperlukan hanyalah sebuah flashdisk dengan free space minimal 1GB, file ISO linux (pada percobaan saya gunakan linux mint 8, anda bisa mencoba yang lain), dan Linux Ubuntu tentunya (yang daya miliki linux ubuntu 9.04). Jangan lupa, BIOS komputer anda harus sudah support untuk booting ke USB FDD.
Langkahnya cukup mudah, masuk ke linux ubuntu dan pilih menu System - Administration - USB Startup Disk Creator. Lalu kita harus memverifikasi dengan memasukkan password seperti biasa, maka akan muncul jendela Make USB startup disk. Masukkan cd linux atau pilih file ISO linux yang anda miliki dengan memilih opsi Other... Setelah memilih file ISO-nya pastikan flasdisk anda memiliki ruang minimal 1GB, untuk menyimpan dokumen dan setting saat startup berilah space sebesar 128MB minimal. Lalu klik Make Startup Disk.
Tunggu sampai proses selesai. Ketika instalasi selesai klik Quit dan anda siap untuk menginstall linux dari flasdisk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar