Selasa, 16 Februari 2010

Tips Bikin FlashDisk tetep awet

Flashdisk adalah barang kecil yang sangat berharga. Selain agak mahal harganya, data-data yang dibawanya juga penting. Maka dari itu, kita harus terus menjaga agar flashdisk kita tetap awet. Nah, untuk menjaga agar flashdisk kita tetap awet dan berfungsi dengan baik ikutin nih sedikit tips dari sayya. OK!
1. Simpan flashdisk dengan baik. Jangan menyimpannya pada suhu yang sangat tinggi atau panas. Jangan membiarkan flashdisk terkena air karena bisa konslet. Jauhkan dari medan magnet seperti handphone, TV, monitor, dll. Pokoknya simpan baik-baik flashdisk anda, jangan sampai jatuh atau tergencet. Bisa-bisa hancur semuanya.
2. Scan Flashdisk anda setiap kali mencolokkanyya ke komputer. Kalau perlu, lengkapi flash disk dengan antivirus portable atau av yang anda percayai, jadi setiap mencolokkannya kita bisa menscan agar virus-virus tidak masuk ke dalam flashdisk dan menjadikan flashdisk anda sarang virus atau bahkan peternak virus!
3. Jangan terlalu banyak melakukan proses hapus tulis atau editing langsung pada flashdisk. Karena biasanya sebuah UFD hanya memiliki 10.000 - 100.000 kali proses hapus tulis dan setelah itu UFD akan mati dan siap dimuseumkan atau dijadikan gantungan. Tetapi, umur flashdisk juga tergantung pada merek dan kualitasnya.
4. Selalu lakukan proses Eject apabila kita mau mencabut flash disk. Dengan Safely Remove Hardware maka flash disk kita akan lebih aman. Dan pastikan semua data atau program yang ada dalam UFD telah tertutup hingga kita dapat dengan mudah meng-eject flash disk.
5. Seperti halnya harddisk kita juga perlu mengecek keadaan flash disk seperti melakukan check disk dan defragment. Lakukan pengecekan beberapa waktu sekali untuk mengetahui ‘kesehatan’ ufd anda seperti melakukan check up pada diri anda sendiri. Dan jangan lupa lakukan fix untuk mengatasi problem yang terjadi.
Kira-kira seperti itulah cara-cara yang digunakan untuk merawat flash disk anda dan menjaganya agar tetap awet. Umur UFD juga tergantung pada kebiasaan anda. Maka rawatlah flash disk seperti merawat diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar