Senin, 07 Desember 2009

Bermain dengan Taskbar Windows XP

Sistem Operasi Windows sangat fleksible karena kita bisa mengubah-ubah tampilan sesuka hati. Berikut ini trik untuk mempercantik taskbar dan memudahkan pekerjaaan anda dengan taskbar windows.
1.Menambahkan toolbar my Computer pada taskbar
Kita dapat menambahkan toolbar my computer pada taskbar dengan cara: klik kanan pada taskbar, pilih Toolbars, lalu pilih New Toolbar untuk menambakan toolbar baru, pilih My Computer, lalu kill OK. Dengan adanya toolbar My Computer kita dapat lebi mudah mengakses file dari taskbar. Selain my Computer, kita juga dapat membuat toolbar lain seperti my documents, my network places atau yang lainnya.
2.Menampilkan QuickLaunch
Bar Quicklaunch adalah toolbar yang berisi shortcut program yang umum digunakan. Dengan menambah Quicklaunch kita dapat lebi mudah menjalankan suatu program atau aplikasi hanya dengan sekali klik. Caranya : klik kanan taskbar, properties, pilih Toolbars, dan klik Quicklaunch untuk mengaktifkan bar Quicklaunch. Maka akan muncul icon - icon kecil yang berada di samping kanan tombol start. Jika kita ingin menghilangkan Quicklaunch, tinggal hilangkan tanda centangnya. Atau cara kedua: klik kanan pada tombol start, pilih properties, klik pada tab Taskbar, klik pada Show Quicklaunch. Dan jangan lpa klik OK.
3.Menyembunyikan Taskbar
Pernahkah anda bingung mencari taskbar yang tadinya ada menjadi hilang? Lalu jika kita mendekatkan kursor ke bawah dimana area taskbar berada maka akan muncul lagi. Kita dapat membuat auto-hide taskbar dengan: klik kanan tombol star dan pilih properties. Pilih tab Taskbar lalu aktifkan tanda centang pada Auto-hide taskbar dan klik OK.
4.Memindah taskbar
Kadang kita menjumpai taskbar computer yang beraa di sebelah kanan, atas atau kiri layar.Kita juga dapat meminah taskbar windows kita. Sebelum memindahnya pertama-tama Klik kanan taskbar lalu hilangkan tanda centang pada Lock Taskbar. Setelah itu kita tinggal mendrag and drop taskbar. Klik kiri, tahan dan geser kemanapun anda inginkan, ats, samping kiri atau samping kanan.
5.Mengedit taskbar
Secara umum kita dapat mengedit taskbar lewat taskbar properties. Caranya: Klik kanan tombol start, lalu pilih properties, klik pada Taskbar. Di tab taskbar ini ada bermacam-macam pilihan untuk mengedit taskbar:
a.Lock the Taskbar : jika kita tidak mengaktifkannya maka kita dapat memindah taskbar kemana saja.
b.AutoHide the Taskbar : untuk menyembunyikan taskbar secara otomatis
c.Keep the taskbar on top of other windows : menampilkan taskbar sdi depan aplikasi yang aktif
d.Group similar taskbar buttons : mengelompokkan aplikasi-aplikasi yang aktif
e.Show quicklaunch : menampilkan quicklaunch
f.Show the Clock : menampilkan jam
g.Hide inactive icons : menyembunyikan icon yang tidak aktif
6.Hide inactive icons
Artinya menyembunyikan icon yang tidak aktif. Sama seperti sebelumnya kita masuk ke taskbar properties. Kita dapat mengatur icon-icon yang akan kita tampilkan atau tiak dengan mengklik Costumize. Disini kita dapat memilih icon-icon apa yang akan kita tampilkan. Ada tiga pilihan :
a.Hide when inactive: icon akan dismbunyikan bila tidak aktif
b.Always Hide: icon akan selalu disembunyikan
c.Always show : icon akan selalu disembunyikan

Selain trik-trik diatas, tentu banyak skali hal yang dapat kita perbuat untuk mengedit taskbar. Tetapi, kita harus tetap memperhatikan kenyamanan dan efisiensi dalam menggunakan computer. Sekian trik kali ini. Smoga bermanfaat!

1 komentar: