Minggu, 13 Desember 2009

Sekilas tentang Mangrove

Hutan Mangrove/ Hutan Bakau/ Hutan Payau

Jepara adalah salah satu kota di pesisir paling utara Jawa Tengah. Selain itu, Jepara dikenal sebagai kota ukir. Kota Jepara memiliki pantai yang sangat indah dan berpasir putih dan hitam di beberapa lokasi. Dalam penjelajahan kali ini, kami berkesempatan untuk menjelajahi pantai Teluk Awur yang berada di sebelah barat dari pusat kota Jepara.

Ternyata, di sekitar pantai Teluk Awur terdapat beberapa pusat penelitian sebuah universitas dan pengembangan habitat hutan Mangrove.

Mangrove merupakan tumbuhan pesisir yang sangat penting bagi ekosistem pesisir. Beberapa fungsi mangrove antara lain adalah tempat hidup dan berkembangbiak bagi fauna pesisir, pencegah abrasi, penjebak polutan, pereduksi gelombang tsunami, ekowisata, pengendali banjir dll.

Tumbuhan mangrove biasa hidup di pesisir pantai atau tepi laut, rawa-rawa atau daerah muara sungai. . Di pantai Teluk ini dikembangkan mangrove

Sekarang ini banyak digalakan pengembangan hutan Mangrove. Karena selain manfaat dan pentingnya Mangrove juga mempunyai keuntungan sebagai ekowisata. Sayangnya, kurangnya pemanfaatan dan pengembangan mangrove yang tidak ramah lingkungan menjadi salah satu penghambat perkembangan hutan Mangrove di kawasan Jepara. Pembuangan sampah yang sembarangan juga ikut menjadi penyebabnya.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk merehabilitasi hutan mangrove, namun upaya-upaya tersebut masih belum menunjukkan hasil karena kerusakan hutan mangrove yang sangat tinggi. Oleh karena itu, marilah kita lestarikan hutan mangrove!

Sebelum kita mencoba melestarikan hutan mangrove kita harus mengetahui tentang seluk-beluk mangrove.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar