Jumat, 18 Mei 2018

Manfaat Sholat Bagi Kesehatan ( Teks Kultum dalam tema Isro' Mi'roj)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Isro' mi'roj merupakan peristiwa yang sangat istimewa. Dari peristiwa itu, Nabi Muhammad SAW menerima perintah sholat secara langsung dari Allah SWT. Allah memerintahkan manusia, orang mukmin untuk melaksanakan sholat 5 waktu sehari semalam.
Kali ini saya ingin membahas tentang menfaat sholat agi kesehatan.
Selain mulia di pandangan Allah, orang mukmin yang menjalanjan sholat juga mendapatkan manfaat kesehatan. Di antaranya, jika kita akan melaksanakan sholat, maka kita harus berwudlu. Dengan berwwudlu atau bersuci, kebersihan diri kita akan terjaga begitu pula dengan kesehatan kita, InsyaAllah...
Selain itu, gerakan sholat juga bermanfaat misalnya saat kita ruku', gerakan sholat kita menjaga kesehatan kantung kemih dengan kita menundukkan separuh badan ke depan dan menegakkannya lagi/ Saat kita bersujud, maka posisi kepala berada di tanah atau sejajar dengan kaki dan anggota tubuh lain, sehingga oksigen bisa masuk ke dalam otak kita dengan lebih baik. Menjaga kesehatan otot yang digunakan untuk bergrak dengan takbirotul ihrom. Ruku' juga memberikan manfaat bagi kesehatan kandungan wanita, Begitu pula terakhir saat kita melakukan salam dengan menolehkan kepala ke kanan dan ke kiri, dapat merelaksasi otot leher.
Semua gerakan sholat memiliki filosofi tersendiri juga manfaat'manfaat tersembunyi. Maka dari itu, mari kita rajin-rajin melakukan sholat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan juga keimanan kita.
Kurang lebih mohon maaf. Demikian yang bisa saya sampaikan.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar