Jumat, 07 Oktober 2016

Sistem Prediksi Ketepatan Masa Studi Mahasiswa menggunakan Metode Naive Bayessian

Sistem Prediksi Ketepatan Masa Studi Mahasiswa menggunakan Metode Naive Bayessian ini merupakan Tugas Akhir yang mengantarkan saya menjadi Sarjana Komputer di Universitas Semarang. Sekilas tentang sistem ini...
Sistem ini merupakan sistem yang digunakan untuk memprediksi ketepatan masa studi mahasiswa melalui metode Naive Bayessian. Jadi, dengan adanya data-data mahasiswa berupa IPK (Indeks Prestasi Kumulatif), IPS (Indeks Prestasi Sementara) dan SKS yang telah diambil dari semester 1-4 dapat diprediksi apakah seorang mahasiswa dapat lulus tepat waktu atau terlambat. 
Metode naive bayessian merupakan metode yang menggunakan pendekatan yang naif atau tidak berhubung satu sama lain. Jadi tidak ada masalah jika satu data tidak memiliki hubungan dengan yang lain dan tidak akan saling mempengaruhi. Untu lebih detailnya silahkan browse metode naive bayes di google :)
Karena kebijakan setiap Universitas berbeda-beda, maka saya mengambil studi kasus di Fakultas TIK Universitas Semarang. Berpedoman pada buku Pedoman dan data alumni atau mahasiswa yang telah lulus, dengan metode naive bayessian dilakukan perhitungan yang akan menentukan prediksi untuk data testing yang dimasukkan. 
Pada saat penelitian ini, data training yang digunakan adalah data alumni tahun 2010-2012 dan untuk data testing menggunakan data mahasiswa angkatan tahun 2013. Dengan data tersebut, melalui sistem prediksi ini didapatkan hasil akurat sebesar 62% dan 38% tidak akurat. 
Sistem ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Dengan sistem prediksi ini, kita harus memasukkan Data Testing dengan import data excel yang telah diolah sesuai format. Yaitu Nama, NIM, IPS smt1, IPS smt2, IPS smt3 , IPS smt4, IPK, dan SKS smt1-4 serta predikat kelulusan tepat/terlambat. Sistem akan menghitung dengan metode naive bayes yang kelak akan digunakan untuk perhitungan data testing.  
Selanjutnya kita dapat memasukkan data excel dengan format yang sama tanpa predikat dan memproses data hingga mendapatkan hasil untuk kelulusan mahasiswa tersebut apakah mendapatkan predikat lulus tepat waktu atau terlambat. Selanjutnya jika ingin menyimpan, tinggal cetak data dan data akan ditampilkan dalam bentuk PDF yang bisa disimpan. Selain memprediksi kelompok data, kita juga bisa memasukkan data individu dan menentukan prediksi secara langsung dengan menu prediksi individual.  
Demikian penjelasan singkat mengenai Sistem Prediksi Ketepatan Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Metode Naive Bayes. Anda bisa mencoba sistem ini di link berikut. Login dengan username dan password : admin
Semoga bermanfaat, kiranya ada tambahan atau pertanyaan silahkan kontak saya. Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar