Jumat, 01 Juni 2012

Beasiswa Monbukagakusho 2012


 Belajar di Jepang? Siapa yang gak mau?
Monbukagakusho adalah program beasiswa dari pemerintah Jepang untuk siswa lulusan SLTA atau sederajat untuk bisa belajar di Jepang. Ada program S1, D2 dan D3 yang bisa dipilih. Pada tahun 2012 ini, pemerintah Jepang telah membuka pendaftaran beasiswa monbukagakusho untuk keberangkatan tahun 2013 nanti.
Pendaftarannya dibuka mulai tanggal 14 Mei sampai 15 Juni 2012. Cara pendaftarannya mudah sekali, kita tinggal mengirimkan formulir dan beberapa berkas sebagai persyaratan. Persyaratannya kira-kira kamu harus mempunyai nilai rata-rata rapor atau nilai rata-rata ijazah minimal 8,0 tergantung program apa yang kamu pilih, kalau ingin S1 minimal rata-rata 8,4.
Selain mengirimkan berkas persyaratan, kalau kamu memenuhi kualifikasi kamu akan dipanggil untuk ujian tertulis di Kedubes Jepang yang ada di beberapa kota di Indonesia. Lolos tes kamu akan dipanggil untuk wawancara, menggunakan bahasa Indonesia. Setelah lolos lagi kamu akan diseleksi oleh monbukagakusho apakah kamu berhak mendapatkan beasiswa ini or not.
Gak bisa bahasa Jepang? Sebelum kita diberangkatkan ke Jepang, terlebih dahulu kita akan diberi waktu 1 tahun studi bahasa Jepang. Yang penting bisa bahasa Inggris aja, karena materi ujian tertulisnya menggunakan bahasa Inggris.
Ada macam-macam jurusan yang bisa kamu pilih, mulai dari teknologi, hukum, administrasi, sains, ekonomi, dll. Bebas biaya masuk, biaya ujian, biaya kuliah dan uang pendaftaran. Kamu juga mendapatkan tunjangan setiap bulan dan tiket pp Indonesia – Jepang. Tanpa ikatan dinas lagi. Betapa menggiurkan bukan? Oh iya, beasiswa ini diperuntukkan lulusan yang lahir antara tahun 1991 sampai 1996. Pokoknya dibawah 21 tahun.
Buat kamu yang tertarik info lebih lanjut bisa dilihat di website resminya : http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html Kalau kamu mau, yakinlah kamu bisa, gak ada salahnya untuk mencoba. Ciayoo…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar