Senin, 19 September 2011

Mengubah IP Address ke bentuk bilangan Binner dan sebaliknya


Bilangan Biner hanya terdiri dari angka 1 dan 0. Angka 1 menandakan sebuah nilai dan 0 berarti ya kosong, tidak bernilai. Kali ini kita akan mencoba menghitung bilangan ip address ke dalam binner dan sebaliknya.

Ada 3 Cara menghitung bilangan biner. Dengan perhitungan murni, menggunakan table, atau memakai software :D

Perhitungan yang pertama adalah menggunakan perhitungan murni. Yaitu dengan membagi 2 sampai habis. Lalu setiap nilai ganjil yang tidak habis dibagi 2 atau sisa 1 kita jadikan nilai 1 dan 0 untuk setiap bilangan yang habis dibagi 2. Setelah habis lalu kita urutkan dari yang terbawah, terakhir kita jadikan yang pertama.
Untuk lebih jelasnya lihat ilustrasi di bawah ini:

Cara yang kedua dengan menggunakan tabel. Kita harus membuat sebuah tabel yang berisi nilai dari perpangkatan angka 2. Dari 2 pangkat 0 (20) sampai 2 pangkat 7 (27). Jadi nilainya 1 sampai 128. Untuk mencarinya, kita harus menghitung berapa kira-kira nomor IP itu bisa ditambahkan. Misalnya 202 = 128 + 64 + 8 + 2. Kita berikan nilai 1 pada setiap bilangan yang digunakan dan 0 pada bilangan yang tidak terpakai.

Untuk cara yang ketiga, nggak perlu susah-susah ngitung. Karena kita akan pakai software. Hehe v(^_^). Kita akan memakai ipsubnetter. Sebenarnya banyak sih kegunaannya selain untuk mengetahui bilangan binary, kita juga bisa tau berapa subnet, broadcast, host, kelas IP dan lain-lainnya dari sebuah IP. Tapi karena kita pengen tau binernya aja kita hanya perlu memasukkan IP address dan lihat di subnet angka biner yang keluar. Download IPSubnetter disini.
Kalau belum mengerti lihat ilustrasinya :


Kalau sudah bisa mengkonversikan ip address ke biner, sekarang belajar sebaliknya. Mengubah bilangan biner ke bilangan biasa. Caranya hanya dengan menambahkan bilangan yang bernilai satu, jangan lupa diurutkan. Dengan menggunakan table akan lebih mudah karena tinggal mengurutkan dan menambahkan saja. Namun ada juga cara lain seperti ini :


Pokoknya bilangan biner itu nggak pernah lepas dari perpangkatan angka 2. Jadi kalau mau jadi teknisi hafalin dulu deh perpangkatan 2. Kayaknya gampang banget ya, Cuma angka 0 dan 1. Emang gampang! Semua akan menjadi mudah kalau kita terbiasa dengannya.
Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Kalau ada yang perlu ditanyakan silakan comment atau email di noviana(dot)tkj2(at)gmail(dot)com . Thank You <3

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar