Minggu, 26 April 2009

Mempercepat Kinerja Windows XP

Untuk mempercepat kinerja XP kita harus melakukan hal-hal berikut:

1. Defrag Harddisk

Kita dapat mendefrag harddisk dengan tool yang sudah tersedia dalam Windows. Klik Start – All Programs – Accessories – System Tools – Disk Defragmenter. Lakukan Analyze, Jika terdapat begitu banyak garis merah lakukan defragment, garis merah itu menunjukkan fragmented file. Lakukan Defragment dengan klik Defragment. Kamu bisa mendefrag harddisk minimal 6 bulan sekali, asal jangan terlalu sering karena hal itu bisa memperpendek umur harddisk karena prosesnya yang sangat intensif.

2. Lakukan disk Clean Up

Lakukan disk Cleanup minimal sebulan sekali. Kita dapat menjalankannya dengan Klik Start – All Programs – Accessories – System Tools – pilih Disk Cleanup. Setelah itu pilih bagian disk yang mau dibersihkan misal C: dan hapus semua file temporary.

3. Scan Virus

Pastikan komputer kamu bebas dari virus. Lakukan scan pada semua direktori, file system dan semua device yang masuk ke komputer. Apalagi perangkat seperti USB FlashDisk yang berpotensi besar dalam penyebaran virus. Pakai antivirus yang paling ampuh sesuai kebutuhan kamu dan jangan lupa untuk meng-update-nya minimal sebulan sekali. Sebuah virus yang telah menguasai komputermu, tanpa kamu ketahui telah melemahkan kinerja sistem dan berkuasa atas apa saja di komputermu. Jika memang tiada cara lain untuk membasminya sebaiknya segera install ulang .

4. Menambah Memory

Tambah memory komputer kamu dengan yang lebih besar, minimal untuk sekarang ini minimal 256 MB. Kalau bisa, lebih baik kamu menggantinya dengan yang 512 MB atau lebih. Kamu bisa memasang VGA card agar memory RAM tidak terpotong untuk di-share ke VGA. Atau kamu bisa mengurangi memory yang dishare ke VGA, caranya: masuk ke BIOS pilih Advance Chipset Features lalu kurangi VGA share memory size.

5. Uninstall Program yang Nggak Berguna

Terlalu banyak program yang nggak berguna cuma merusak pemandangan aja. Jadi, lebih baik singkirkan program-program itu dari komputermu. Just choose the important one.


Sebenarnya masih banyak sekali hal-hal yang bisa kita lakukan buat mempercepat kinerja windows xp kita. Tapi, just right here I think. Yang paling penting kamu tahu cara merawat mempergunakan komputer kamu dengan benar. Bye-bye dloe......:->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar