Kamis, 26 November 2020

Step by step Belajar Programming

Saat pertama kali memutuskan untuk menekuni dunia programming, hal yang pertama kali terpikirkan adalah : mulai dari mana ya? 

Untuk mulai belajar, hal pertama yang kita butuhkan adalah NIAT dan tekat yang kuat untuk terus belajar dan mendalaminya! Hehe... di bawah hal hal yang bisa kamu siapkan :::

1. Hardware

Senjata utama seorang programmer adalah komputer/laptop. Maka hal yang kita butuhkan pertama kali adalah sebuah komputer. Karna kita akan melakukan semua hal dari komputer, klik disini untuk rekomendasi laptop kenceng buat programming.

2. Software

Untuk belajar programming seperti membuat website, kita memerlukan beberapa aplikasi seperti webserver, browser, compiler / text editor, database. Tool pemrograman utama bisa dilihat di link ini

3. Download tutorial/ browsing 

Jika kita sudah mempunyai komputer dengan aplikasi di atas, saatnya memperkaya brainware nya dengan ilmu pengetahuan pemrograman. Kita bisa browsing, membaca buku, download tutorial dari yang paling awal sampai bergabung dengan komunitas atau grup programmer di social media.

Coba dan terus mencoba!

Hal yang paling menyenangkan dari programming atau coding adalah mengenai problem solving atau trouble shooting. Dengan adanya error, kita akan bisa mengetahui hal hal baru, karna kita akan terus mencoba untuk mencari penyelesaian dari masalah yang ada. 



 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar