Selasa, 16 Februari 2010

Tips Memilih Flashdisk

UFD atau USB flashdisk memang bukan barang yang mewah di masa kini. Akan tetapi, apabila kita tak mempunyai banyak uang untuk membelinya kita harus selalu menjaga dan merawat UFD dengan baik. Apalagi data-data yang berada di dalamnya yang mungkin begitu penting.
Nah, untuk memastikan UFD kita bagus, sebelum membeli ada baiknya kita mempertimbangkan kebutuhan kita akan UFD tsb. Misalnya untuk menyimpan file-file multimedia yang kapasitasnya besar. Kita bisa memilih kapasitas flashdisk, untuk jaman sekarang kapasitas flashdisk yang ada di pasaran berkisar antara 1GB, 2GB, 4GB sampai dengan 16 GB dll. Mereknya pun macam-macam, mulai dari Kingston, VanDisk, Transcend, Toshiba dll. Bagi kita yang tidak membutuhkan banyak ruang penyimpanan dalam flashdisk, melainkan hanya untuk memindah data saja, lebih baik kita memilih flashdisk yang berkapasitas antara 1 dan 4 GB karena biasanya jauh lebih awet dibandingkan yang berkapasitas besar.
Sekarang ini banyak sekali UFD yang memiliki banyak fungsi, selain sebagai media penyimpanan data ada pula flashdisk dengan fungsi mp3 player, bluetooth, wi-fi adapter dll. Flashdisk multifungsi seperti itu biasanya jauh lebih mahal tentunya. Karena mutifungsi, digunakan terus-menerus agaknya bisa dengan mudah mengalami kerusakan dibanding yang biasa. Namun, keawetan flashdisk kembali lagi kepada pemiliknya.
Periksalah keaslian UFD dengan memeriksa cap atau logo yang ada di UFD, biasanya capnya bergambar tiga dimensi dan bergambar lambang dari vendor UFD. Selain itu, mintalah kartu garansi jika ingin membeli flashdisk baru. Untuk mengantisipasi apabila flashdisk tersebut tiba-tiba mati atau terjadi sesuatu setelah beberapa waktu kita membelinya. Janganlah membeli yang asal murah, tetapi pikirkan juga kualitasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar