Minggu, 05 Agustus 2012

Artikel Kemerdekaan

Serunya waktu sekolah dulu, kalau sering ikut lomba dan alhamdulillah bisa menang. Hehe.
Cukup buat kebanggaan diri sendiri, apalagi kelas, haha. Makanya, sebagai pelajar gak usah malu menampilkan karya kita. Apapun itu yang penting positif. Walaupun dulu sering dihina-dina, yang penting jadi kenangan manis yang mungkin bisa kita ceritakan pada anak-cucu kita. Yah, udah deh ceritanya. Kali ini saya share sebuah artikel yang dulu saya ikutkan lomba menulis dan alhamdulillah dapat juara 2 buat satu sekolahan. Yah, kalau menurut saya sih kurang maksimal. Ada kata-kata yang masih belum matang dan kurang dalam (jiahahm dalem bangeet). Semoga menjadi inspirasi dan anda bisa kasih-kasih komen walaupun gak lomba lagi. Yang menarik buat saya itu titlenya, karena dulu saya juga bingung namain apa. Ya, ditranslate aja Indonesia-Jawa-Inggris. Mumpung mau 17an juga kan nih...


Merdeka = Mardika = Freedom

Di tahun ini, kita memperingati HUT kemerdekaan RI  lagi pada tanggal 17 Agustus nanti. Itu berarti sudah lebih dari 60 tahun Indonesia merdeka.
Selama ini kita telah mendengar kata kemerdekaan. Kita hidup di zaman yang serba merdeka. Yang kita tahu, merdeka itu bebas, tidak terkekang tidak dijajah bangsa lain, dan lain-lain. Tapi, tahukah kita apa arti kemerdekaan yang sesungguhnya? Lalu bagaimana cara kita memaknai kemerdekaan ini? Tentunya kita yang perhatinan pada momen-momen seperti ini pernah , sering mendengar, merenungkan dan tahu jawaban dari pertanyaan itu. Karena semua tinggal dalam kesadaran diri kita masing-masing.
Mari kita mengingat, bagaimana para pahlawan kita telah berjuang dengan mempertaruhkan jiwa, raga dan hartanya demi tercapainya kemerdekaan Indonesia. Dan berkat kegigihan mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan, sekarang kita tinggal menikmati kemerdekaan.
Sekarang, setelah kita terlepas dari para penjajah, apa yang harus kita lakukan? tentunya, kita dapat mengisi momen kemerdekaan ini dengan sesuatu yang bermanfaat. Kemerdekaan adalah saatnya kita sebagai generasi muda dapat memperjuangkan nasib negara kita dengan meneladani sikap dan mental para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Kita sebagai generasi muda penerus bangsa harus mengisinya dengan mengadakan pembangunan di segala bidang kehidupan.
Begitu banyak cara untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan. Salah satunya, kita sebagai pelajar harus mengisi kemerdekaan dengan belajar dan berlatih dengan rajin dan tekun. Agar bangsa Indonesia lebih dihargai di mata dunia.
Selain itu, kita juga harus memperbaiki moral anak muda yang menurun akibat terkikis oleh pengaruh budaya barat dan arus globalisasi. Dalam menghadapi arus globalisasi, banyak remaja yang tidak dapat mengontrol diri. Sudah terlalu banyak contoh yang sudah tidak perlu kiat perbincangkan lagi. Tapi kita harus memperbaikinya. Kita sebagai bangsa timur yang terkenal ramah tamah harus menjaga tradisi kita agar tetap menjadi ciri khas bangsa kita. Jangan sampai kita kehilangan tata krama dan sopan santun yang senantiasa harus kita jaga sebagai bangsa timur.
Maka dari itu, marilah kita sebagai generasi muda dapat mengendalikan diri dalam menghadapi era globalisasi di negara yang merdeka ini. Kita harus siap menghadapi segala tantangan zaman yang semakin maju dimana teknologi semakin maju. Demikian pula dengan pemikiran kita yang juga harus maju. Setelah kita tak lagi melawan penjajah, sekarang kita berperang melawan hawa nafsu diri sendiri.
Jadi selain memperingati HUT kemerdekaan RI dengan berbagai acara yang meriah, pesta kemerdekaan nan megah kita juga harus dapat memaknainya dengan perbuatan yang baik dan bermanfaat yang patut kita lakukan bagi kemajuan bangsa Indonesia.
Maju terus Indonesia. Indonesia tetap merdeka!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar